Rabu, 13 Januari 2016

KEPEMIMPINAN


Mengembangkan Sifat Pemimpin
          Wirausaha : individu yg mengembangkan gaya kepemimpinan sendiri
          Mempraktekan kemampuan dlm memimpin dlm kehidupan sehari-hari
          Menggunakan staf dg cara paling efektif
          Bagaimana meningkatkan prestasi karyawan
          Semakin berkualitas seorang pemimpin, makin besar ketergantungan pemimpin pada karyawan utk mendukung & memikul tanggungjawab pemimpin
SEORANG PEMIMPIN
          Pemimpin mengerti tugas keseluruhan yg hrs dicapai & seringkali memutuskan cara-cara baru & inovatif utk mencapainya.
          Pemimpin baik : memperlakukan orang lain sebagaimana ingin diperlakukan oleh org lain.
          Mengembangkan sikap tepo sliro
          Pengalaman kepemimpinan akan menghasilkan pemakaian waktu lebih efisien, prestasi lebih baik & keluaran bertambah.
PERILAKU PEMIMPIN
Ada 2 bidang utama :
          Berorientasi pada tugas
                (menetapkan sasaran, merencanakan & mencapai sasaran)
          Berorientasi pada orang
                (memotivasi & membina hubungan antar manusia)
ORIENTASI TUGAS
ü  Merumuskan peranan diri sendiri maupun staf
ü  Menetapkan tujuan yg sukar, tetapi dapat dicapai
ü  Menentukan prosedur utk mengukur pencapaian tujuan, tujuan dirumuskan scr jelas
ü  Melaksanakan peranan kepemimpinan scr aktif (merencanakan, mengarahkan, membimbing, mengerndalikan)
ü  Meningkatkan produktivitas

ORIENTASI ORANG
Ø  Memelihara keharmonisan dlm organisasi
Ø  Menunjukkan perhatian thd orang sebagai manusia bukan alat produksi
Ø  Menunjukkan pengertian & rasa hormat pd kebutuhan, tujuan, keinginan, perasaan & ide karyawan
Ø  Mendirikan komunikasi timbal balik yg baik
Ø  Mendelegasikan kekuasaan & tanggungjawab
Ø  Menciptakan suasana kerjasama
Ciri-ciri pemimpin berorientasi orang
ü  Mengerti kebutuhan, tujuan, kemampuan diri sendiri
ü  Peka terhadap kebutuhan orang lain
ü  Dapat menerima & menghargai nilai-nilai & gaya hidup yang berlainan
ü  Melibatkan karyawan, mendelegasikan kekuasaan serta membagi tanggungjawab
ü  Memiliki ketrampilan berkomunikasi yang baik
MEMIMPIN ORANG LAIN
ü  Kemampuan untuk mencapai hasil melalui kerjasama dengan orang lain
ü  Memberikan pujian mrp insentif yg kuat utk meningkatkan prestasi staf
ü  Bersikap kreatif & inovatif
ü  Memberi contoh yang baik
MEMIMPIN & MEMOTIVASI ORANG LAIN
ü  Bangun harga diri karyawan
ü  Beri informasi
ü  Delegasikan kekuasaan & tanggungjawab
ü  Membina kontak
ü  Analisis masalah/problem, bukan orangnya
ü  Terapkan prinsip pengukuhan/memberi penghargaan
ü  Jadi pendengar aktif
ü  Tetapkan tujuan2 khusus
ü  Lakukan tindakan korektif
Tindakan Kepemimpinan
ü  Setelah mengambil keputusan, segera ambil tindakan
ü  Upaya dapat dilipat gandakan melalui bakat & kemampuan staf
ü  Memperoleh kepercayaan pada kemampuan kepemimpinan
ü  Pemimpin yg baik mengakui kesalahan2 & mengubah rencana2
Meningkatkan moral kerja karyawan
ü  Ada perhatian thd kesehatan & kesejahteraan karyawan
ü  Menilai prestasi setiap karyawan
ü  Mengakui & menghargai sumbangan2 staf
ü  Karyawan puas dengan kondisi pekerjaan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar