Analisis SWOT adalah
• Identifikasi berbagai faktor secara
matematis untuk merumuskan strategi perusahaan.
• Freddy Rangkuti (1999), analisis
berdasarkan logika yg dpt memaksimalkan kekuatan (strength) dan peluang
(opportunities), namun scr bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (weakness)
dan ancaman (threats)
Kuadran I
•
Merupakan
situasi sangat menguntungkan
•
Perusahaan
memiliki peluang dan kekuatan, shg dpt memanfaatkan peluang yg ada.
•
Strategi
yg diterapkan : mendukung kebijakan pertumbuhan agresif (growth oriented
strategy)
Kuadran II
•
Meskipun
memiliki berbagai ancaman, perusahaan msh memiliki kekuatan dari segi internal
•
Strategi
yg diterapkan : menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang jangka panjang
dg cara strategi diversifikasi (produk/pasar)
Kuadran III
•
Perusahaan
menghadapi peluang pasar yg sangat besar, tetapi di lain pihak menghadapi
beberapa kendala/kelemahan internal
•
Strategi
yg diterapkan : meminimalkan masalah2 internal perusahaan, shg dpt merebut
peluang pasar yg lebih baik
Kuadran IV
Situasi yg tdk menguntungkan, perusahaan menghadapi berbagai ancaman dan
kelemahan internal
Cara Membuat Analisis SWOT
1. Menetapkan misi perusahaan
2. Membuat tabel eksternal & tabel
internal
3. Hasil jumlah nilai pada tabel
eksternal & internal dimasukkan pada diagram analisis SWOT
4. Membuat tabel operasional
Tabel Eksternal
• Buatlah unsur2 penting yg menjadi
peluang dan ancaman suatu perusahaan
• Buatlah proporsi pembobotan
pentingnya suatu unsur peluang & ancaman (0=tdk berpengaruh, 1=pengaruh
rendah, 2=pengaruh sedang, 3=pengaruh tinggi, 4= pengaruh sangat tinggi).
• Buatlah rating peluang dari nilai 4
s/d 0, demikian pula ancaman nilai -4 s/d 0. (rating adh kemampuan perusahaan
utk menangkap peluang & menghindari ancaman
• Kalikan bobot & rating shg
menghasilkan nilai
• Jumlahkan nilai shg diketahui posisi
peluang/ancaman perusahaan
Tabel Internal
• Buatlah unsur2 penting yg menjadi
kekuatan dan kelemahan suatu perusahaan
• Buatlah proporsi pembobotan
pentingnya suatu unsur kekuatan & kelemahan (0=tdk berpengaruh, 1=pengaruh
rendah, 2=pengaruh sedang, 3=pengaruh tinggi, 4= pengaruh sangat tinggi).
• Buatlah rating kekuatan dari nilai 4
s/d 0, demikian pula kelemahan nilai -4 s/d 0. (rating adh kemampuan perusahaan
utk menggunakan kekuatan & meminimalkan kelemahan.
• Kalikan bobot & rating shg
menghasilkan nilai
• Jumlahkan nilai shg diketahui posisi
kekuatan/kelemahan perusahaan
Tabel Operasional
•
Strategi
S-O
Strategi
yg memanfaatkan kekuatan yg dimilikinya utk memperoleh keuntungan dr peluang yg
ada
•
Strategi
W-O
Strategi
yg mengatasi kelemahan yg dimiliki perusahaan dg memanfaatkan peluang2 yg ada.
•
Strategi
S-T
Strategi
yg menggunakan kekuatan yg dimiliki perusahaan untuk menghindari ancaman yang
ada.
•
Strategi
W-T
Strategi
yg meminimumkan kelemahan yg dimiliki & berusaha menghindari ancaman2 yg
timbul.
Contoh analisis SWOT
Perusahaan Kecap cap “Kingkong”
Misi :
Menghasilkan kecap dengan kualitas yg baik, sehingga mampu bersaing
& mendatangkan keuntungan yg besar serta dapat memuaskan konsumen
Hasil
jumlah nilai dimasukkan diagram analisis SWOT
Tidak ada komentar:
Posting Komentar