Rabu, 13 Januari 2016

ANALISIS SWOT

Analisis SWOT adalah
       Identifikasi berbagai faktor secara matematis untuk merumuskan strategi perusahaan.
       Freddy Rangkuti (1999), analisis berdasarkan logika yg dpt memaksimalkan kekuatan (strength) dan peluang (opportunities), namun scr bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (weakness) dan ancaman (threats)




Kuadran I
       Merupakan situasi sangat menguntungkan
       Perusahaan memiliki peluang dan kekuatan, shg dpt memanfaatkan peluang yg ada.
       Strategi yg diterapkan : mendukung kebijakan pertumbuhan agresif (growth oriented strategy)
Kuadran II
       Meskipun memiliki berbagai ancaman, perusahaan msh memiliki kekuatan dari segi internal
       Strategi yg diterapkan : menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang jangka panjang dg cara strategi diversifikasi (produk/pasar)
Kuadran III
       Perusahaan menghadapi peluang pasar yg sangat besar, tetapi di lain pihak menghadapi beberapa kendala/kelemahan internal
       Strategi yg diterapkan : meminimalkan masalah2 internal perusahaan, shg dpt merebut peluang pasar yg lebih baik
Kuadran IV
            Situasi yg tdk menguntungkan, perusahaan menghadapi berbagai ancaman dan kelemahan                    internal

Cara Membuat Analisis SWOT
1.      Menetapkan misi perusahaan
2.      Membuat tabel eksternal & tabel internal
3.      Hasil jumlah nilai pada tabel eksternal & internal dimasukkan pada diagram analisis SWOT
4.      Membuat tabel operasional

Tabel Eksternal
      Buatlah unsur2 penting yg menjadi peluang dan ancaman suatu perusahaan
      Buatlah proporsi pembobotan pentingnya suatu unsur peluang & ancaman (0=tdk berpengaruh, 1=pengaruh rendah, 2=pengaruh sedang, 3=pengaruh tinggi, 4= pengaruh sangat tinggi).
      Buatlah rating peluang dari nilai 4 s/d 0, demikian pula ancaman nilai -4 s/d 0. (rating adh kemampuan perusahaan utk menangkap peluang & menghindari ancaman
      Kalikan bobot & rating shg menghasilkan nilai
      Jumlahkan nilai shg diketahui posisi peluang/ancaman perusahaan

Tabel Internal
      Buatlah unsur2 penting yg menjadi kekuatan dan kelemahan suatu perusahaan
      Buatlah proporsi pembobotan pentingnya suatu unsur kekuatan & kelemahan (0=tdk berpengaruh, 1=pengaruh rendah, 2=pengaruh sedang, 3=pengaruh tinggi, 4= pengaruh sangat tinggi).
      Buatlah rating kekuatan dari nilai 4 s/d 0, demikian pula kelemahan nilai -4 s/d 0. (rating adh kemampuan perusahaan utk menggunakan kekuatan & meminimalkan kelemahan.
      Kalikan bobot & rating shg menghasilkan nilai
      Jumlahkan nilai shg diketahui posisi kekuatan/kelemahan perusahaan

Tabel Operasional
     Strategi S-O
    Strategi yg memanfaatkan kekuatan yg dimilikinya utk memperoleh keuntungan dr peluang yg ada
     Strategi W-O
    Strategi yg mengatasi kelemahan yg dimiliki perusahaan dg memanfaatkan peluang2 yg ada.
     Strategi S-T
    Strategi yg menggunakan kekuatan yg dimiliki perusahaan untuk menghindari ancaman yang ada.
     Strategi W-T
    Strategi yg meminimumkan kelemahan yg dimiliki & berusaha menghindari ancaman2 yg timbul.

Contoh analisis SWOT Perusahaan Kecap cap “Kingkong”
Misi :
Menghasilkan kecap dengan kualitas yg baik, sehingga mampu bersaing & mendatangkan keuntungan yg besar serta dapat memuaskan konsumen

Hasil jumlah nilai dimasukkan diagram analisis SWOT

                       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar